Saat Tasyakuran Hari Koperasi, Nanin Beberkan Tantangan Koperasi di Zaman Modern

  13 Juli 2020

Banyuwangi - Pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi Hj. RR. Nanin Oktaviantie membeberkan poin penting tantangan koperasi yang harus segera disikapi oleh seluruh penggerak dan insan koperasi di era modern, khususnya di Banyuwangi. Tantangan tersebut tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk.

"Lebih jauh harus mampu menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang terus dinamis," jelas Nanin di hadapan seluruh undangan tasyakuran Hari Koperasi (Harkop) ke-73 yang dilaksanakan oleh Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Banyuwangi di ruang rapat Dekopinda setempat, Senin, 13 Juli 2020.

Pertama, katanya, perlu adanya perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi dapat mengakses pasar yang lebih luas pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya. Secara konkrit koperasi harus masuk pada sektor ekonomi kreatif yang melibatkan banyak anak-anak muda.

"Masa depan Indonesia berada pada generasi milenial. Begitu pun memasuki sektor-sektor ekonomi unggulan diantaranya pangan, komoditi, maritim, pariwisata, dan industri pengolahan," ungkap Nanin.

Kedua, dia meminta kepada jajaran pengurus Dekopinda agar lebih meningkatkan kembali sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah dalam memajukan roda perjuangan dan pengembangan koperasi di Banyuwangi.

"Sehingga koperasi benar-benar menjadi soko guru perekonomian bangsa kita yang terus dinamis seperti sekarang ini," jelas Nanin mengakhirinya.

Pagi itu, secara langsung Kepala Bidang Koperasi Ida Larasati turut mendampingi Nanin menghadiri kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Banyuwangi H. Suyitno menjelaskan, mesin utama gerakan koperasi didasari kuat oleh asas gotong-royong seluruh elemen masyarakat.

"Sebagaimana yang telah dicatatkan sejarah, terbentuknya koperasi dilandasi kuat dengan komitmen bersama saat menguraikan permasalahan perekonomian rakyat. Jadi monggo komitmen ini harus dipupuk bersama," kata Suyitno yang didampingi langsung oleh jajaran pengurusnya lengkap dengan H. Suhartoyo.

Pertemuan tersebut berakhir sampai siang dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh jajaran pengurus Dekopinda dan diserahkan langsung kepada pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Hj. RR. Nanin Oktaviantie. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )