Ragam Cara Dinas Koperasi dan UM Tempuh Kemajuan Masa Depan Koperasi

Banyuwangi - Menjadikan bangsa  berdikari dibutuhkan penanaman jiwa entrepreneur sedini mungkin. Hal pembuka yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono saat sambutan kegiatan lomba cerdas cermat perkoperasian tingkat Koperasi Siswa (Kopsis) dan Koperasi Wanita (Kopwan) di SDN Model Banyuwangi. Kamis (6/4) pagi.

Adapun ciri dari orang yang berjiwa entrepreneur, kata Alief, dia yang berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Artinya, bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti.

“Sehingga saya katakan sekali lagi jiwa entrepreneur dibutuhkan sejak dini, disamping kemampuan kognitif pada materi pelajaran sekolah,” jelas Alief dihadapan ratusan pelajar SMA dan SMKN yang tersebar dibeberapa kecamatan Banyuwangi. Tak ketinggalan turut hadir Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi, Irfan beserta jajarannya yang menjadi panitia.

Pasalnya seluruh siswa-siswi yang hadir ialah bagian dari anggota Kopsis dimasing-masing sekolah mereka belajar. Antusias mereka dalam mengikuti ajang lomba cerdas cermat perkoperasian tak diragukan. Riuh peserta dalam ruangan tak dapat terbendung dengan semangat menggebu-gebu.

“Berkaitan dengan cerdas cermat ini sebagai sarana untuk belajar dan perekat mengenai konsep dasar-dasar perkoperasian dan kewirausahaan. Tak pelak nantinya kalian akan menjadi pelopor kemajuan koperasi dimasing-masing wilayah kalian tinggal,” tutur Alief yang diamini oleh seluruh peserta cerdas cermat yang hadir.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Irfan menyampaikan, cerdas cermat ini berlangsung selama dua hari. Materi yang diajukan pun berbeda-beda, sehingga persiapan sebelum acara sangat dibutuhkan untuk membawa nama baik koperasi masing-masing.

“Saat ini gelaran lomba pada termin kedua. Dimana pada hari ini sebagai peserta adalah perwakilan dari kopsis masing-masing sekolah. Ajang kompetisi Koperasi Wanita (Kopwan) telah diadakan sebelumnya, Rabu (5/4) pagi,” jelas Irfan saat dimintai keterangan.

Bidang kelembagaan mengadakan tiga kategori lomba, katanya, dan setiap masing-masing lomba memiliki perbedaan maksud dan tujuan.

"Pertama lomba penyuluhan koperasi yang ditujukan oleh para pelajar SMA/SMK. Dengan perlombaan ini mereka akan mengetahui pola pengembangan dan pembinaan mekanisme koperasi sesuai aturan di bawah bimbingan dinas koperasi," terang Irfan.

Lomba cerdas cermat, imbuh Irfan, cabang lomba kedua. Bidikan dari lomba ini selain para pelajar SMA/SMK, Kopwan juga mendapatkan atensi dari dinas. "Terobosan untuk memantau sebatas mana kedalaman mereka tentang pemahaman koperasi. Ini langkah kongkrit merangsang para pemangku koperasi untuk belajar aturan-aturan kembali," tutur Irfan.

Dan lomba terakhir, imbuhnya, lomba simulasi pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diikuti oleh Kopwan dan Koperasi Serba Usaha (KSU). "Hal ini dibutuhkan sebagai pola pengembangan kepada pelaku koperasi agar sistem pelaksanaan aktifitas RAT sesuai aturan," jelas Irfan.

Irsyad Kamal Wayuda dinobatkan sebagai pemenang juara pertama lomba penyuluhan koperasi dan cerdas cermat tingkat Kopsis. Ia perwakilan tim SMA 1 Glagah Banyuwangi.

Saat jumpa pers ia menjelaskan sangat bangga karena mampu mengangkat nama baik sekolah. Kesulitan persiapan sebelum lomba juga ia ceritakan. "Tentunya saya sangat bangga sekali mampu mengangkat nama baik sekolah saya.Ini sekaligus sebagai pecutan bagi kita untuk mampu mempertahankan kejuaraan ini ketika digelar kembali. Tetap rendah hati itu sudah jelas akan kami upayakan meski mendapat juara pertama," kata Irsyad.

Disekolah kita sudah digembleng oleh guru-guru, imbuh Irsyad, ilmu perkoperasian (terutama undang-undang), akuntansi, dan perbankan. "Karena memang ada guru kami yang menjadi pembina  dari kopsis melati," tutup Irsyad.

Adapun para pemenang juga disampaikan oleh Irfan melalui keterangan tertulis. Dengan perincian sebagai berikut;

Pemenang lomba penyuluhan perkoperasian: juara pertama Irsyad kamal W perwakilan kopsis SMAN 1 Glagah, juara kedua Ganies Esa Manura perwakilan SMA 1 Purwoharjo, dan juara ke-tiga Inas Syadza W perwakilan SMAN 1 Genteng.

Pemenang lomba cerdas cermat tingkat Kopsis: juara pertama kopsis SMA 1 Glagah, juara kedua Kopsis SMAN 1 Giri, juara ketiga Kopsis SMAN 1 Glagah.

Pemenang lomba cerdas cermat tingkat Kopwan: Juara pertama paguyupan kopwan Kecamatan Tegaldlimo, juara kedua paguyupan kopwan Kecamatan Wongsorejo, juara ketiga Kopwan Mawar Kecamatan Glagah.

Pemenang lomba simulasi pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan: Juara pertama Kopwan Adhi Karya Desa Segobang Kecamatan Licin, Juara kedua Kopwan Saraswati Kelurahan Singotrunan kecamatan Banyuwangi, juara ketiga Kopwan Sirih Kuning Dusun Tamansuruh Kecamatan Galagah.

Kesemua juara nantinya akan menerima trophy, uang pembinaan, dan piagam disaat gelaran festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) "Pecel Pitik" 12 April 2017 mendatang.⁠⁠⁠⁠ (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )