Plt. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Sampaikan Beberapa Persiapan Jelang Festival "Bakul"

Banyuwangi-  Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi mengadakan temu teknik persiapan festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) Pecel Pitik di Aula Artha Graha Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banyuwangi. Kamis (6/4) pagi.

Pertemuan ini dihadiri oleh ratusan peserta dari tiga Kategori yang terdiri dari: Umum, Warung, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Jasa Boga, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Instansi Vertikal, Kecamatan, Kelurahan, Perbankan, Koperasi, Sekretariat Daerah (Setda), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), dan Koperasi Wanita (Kopwan). Tak ketinggalan Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono juga hadir beserta jajaran staf yang menjadi panitia festival dan dewan juri.

Dalam sambutannya Alief Rachman Kartiono menyampaikan teknik dan persiapan penyelengaraan festival kali ini. “Pelaksanaan acara ini akan digelar pada tanggal 12 April 2017 (pagi), di depan hotel Blambangan lengkap dengan hadirnya juri kehormatan Chef Juna. Bagi peserta yang masih belum terdaftar, segera mendaftar hingga selambat-lambatnya H-2 sebelum acara dilaksanakan,” jelas Alief.

Alief juga menjelaskan, bahan, perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan oleh masing-masing peserta. ”Bahan utama terdiri dari: Ayam kampung 2 ekor, kelapa muda satu buah (parutan memanjang), Air kelapa secukupnya, dan Nasi putih. Juga untuk menambah cita rasa dan penampilan kuliner lebih elegan jangan lupa penambahan bumbu dan bahan tambahan untuk display,’’ papar Alief.

Selain perlengkapan dan bahan yang perlu disiapkan, kesempatan ini juga menjelaskan proses pelaksanaan secara global, kejuaraan dan dewan juri. “Secara umum teknik pelaksanaan peserta mulai awal hingga akhir akan terus dipantau oleh panitia dan dewan juri. Untuk menjaga sportifitas peserta dalam berkompetisi,” tutur Alief.

Nantinya 9 pemenang, imbuh Alief, akan mendapatkan hadiah berupa uang, tropi, dan piagam. “Peserta setelah menyelesaikan lomba diwajibkan tetap ditempat lomba. Jika tidak, pada saat pengumuman pemenang dan peserta tidak ada ditempat maka akan didiskualifikasi,” terangnya.

Perlombaan ini akan dijuri dari berbagai unsur,katanya, ada dari unsur SKPD, Umum/asosiasi kuliner dan unsur akademisi. “Yayuk Widhayanti, Yonas, Husniyah, Hj. Faizah, Syamsudin, Syaifuddin Mahmud, Pinisri, Dyah Iskanti, dan Lilik Yuliati. Nama-nama inilah yang akan menjadi dewan juri saat festival kuliner mendatang,” tutup Alief. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )