Pertumbuhan Usaha Mikro Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Banyuwangi - Dalam konteks saat ini beberapa bidang kewirausahaan sudah mulai banyak dikuasai oleh kalangan muda.

Hal pembuka yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono di hadapan puluhan wirausaha muda, saat menjadi pemateri dalam pelatihan kewirausahaan bertajuk "Jurus Sukses Lewat Jalur Bisnis", di Rumah Makan Rodjo Nogo, Sumberagung, Pesanggaran, Pesanggaran, Banyuwangi. Selasa (30/5) siang.

"Sekarang kan era internet, banyak anak-anak muda yang berwirausaha dalam media sosial," kata Alief selain dihadapan puluhan wirausaha muda, hadir juga Corporate Communication Manager PT Bumi Sukseindo (BSI) Teuku Mufizar Mahmud, perwakilan jajaran BRI, dan beberapa awak media yang hadir.

"Untuk itu, mari kita maksimalkan seluruh peluang usaha dan potensi yang dimiliki. Mulai dari batik, kerajinan tangan, asesoris, jasa pariwisata, kuliner, dan lain sebagainya," sambung Alief.

Di Kabupaten Banyuwangi, kata Alief, perkembangan usaha mikro mulai tahun 2012 hingga 2015 berkembang sangat pesat. 

"Berdasarkan data tahun 2012 jumlah usaha mikro 118.635 dan di tahun 2015 sudah meningkat menjadi 280.204. Pertumbuhan usaha mikro ini akan signifikan mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah," tegas Alief.

Termasuk Alief juga menyampaikan program pemerintah terkait banyuwangi-mall.com mulai awal pendaftaran sampai pemasaran di situs belanja online milik pemerintah daerah.

"Ada beberapa kriteria yang harus dilakukan sebelum memasarkan produk di situs market place milik daerah. Diantaranya barang yang dijual merupakan hasil kreatifitas dan produksi sendiri (produsen), harus memiliki kualitas produk yang baik, memiliki kemasan produk yang menarik, memiliki rekening BNI, serta memiliki ijin usaha," tuturnya.

Sebelum menutup materi, Alief juga mengajak untuk proaktif dalam pelaksanaan diskusi. Mereka diberikan kesempatan bertanya berbagai hal tentang bisnis. Mulai dari membaca peluang dan potensi usaha hingga kendala-kendala saat menjalankan bisnis. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )