Pejabat Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Ikuti Sosialisasi Aplikasi Sikawan

  03 Oktober 2019

Banyuwnagi - Sejumlah pejabat di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menghadiri rangkaian kegiatan sosialisasi aplikasi 'Sikawan' besutan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian di Kantor Rumah Kreatif Banyuwangi, Kamis (03/10/2019) pagi.

"Melalui aplikasi sikawan memberikan efisiensi kinerja pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di bidang administrasi," Staf Bidang Persandian, Ainur Rofiq menjelaskan.

Lebih jauh aplikasi ini menjawab permasalahan penandatanganan dari pimpinan atas surat kedinasan yang masuk ketika di luar kota. Hanya cukup terhubung dengan koneksi internet di ponsel pintar masing-masing.

"Meski kepala dinas sedang tugas di luar negeri, misalkan di Korea, penandatanganan surat-surat kedinasan itu tetap dapat berlangsung melalui ponsel pintarnya. Dan terlaksana secara real time, tanpa ada permasalahan jarak dan waktu," kata Rofiq.

Secara langsung seluruh pejabat yang hadir juga turut mempraktikkan penggunaan aplikasi, mulai dari: mengunggah dokumen surat, penandatanganan elektronik, hingga verifikasi keaslian penandatanganan pejabat.

"Tim yang telah ditunjuk oleh pimpinan, telah memberikan sosialisasi di Dinas Pertanian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selepas ini, tim akan berkunjung di Dinas Pariwisata. Sosialisasi diberikan sesuai permintaan," ujar Rofiq.

Dia menambahkan ada dua tim yang telah ditunjuk dari Diskominfo. Pertama bidang aplikasi. Dan kedua bidang sosialisasi. "Sosialisasi penggunaan aplikasi ini diberikan hingga ke level desa-desa se-Banyuwangi," kata Rofiq menutup penjelasannya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Alief Rachman Kartiono mengaku banyak terbantukan dari terobosan pemanfaatan teknologi aplikasi 'Sikawan' ini. "Terobosan bagus mengatasi permasalahan jarak dan waktu pada bidang administrasi perkantoran," kata Alief.

Dia juga menjelaskan, apapun teknologi aplikasi terbarukan masih saja ditemukan kelebihan dan kekurangan.

"Tentu aplikasi ini terus mengalami perbaikan yang menawarkan keamanan dan kemudahan kepada user, dalam hal ini sejumlah pejabat kabupaten," tutur Alief.

Dalam kesempatan itu, Alief pun mengajak jajarannya untuk terus fokus dan konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta pengabdian kepada daerah menjadi lebih baik, sesuai dengan peranan masing-masing.

"Yang tak kalah penting, kita harus tetap selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT agar setiap tugas selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan keselamatan. Juga jangan tinggalkan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW," ungkap Alief menutup penjelasannya. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )