Naikkan Kelas UMKM, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Ratusan Izin PIRT

  20 Maret 2021

Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan beserta Dinas Kesehatan memfasilitasi ratusan pelaku UMKM daerah dengan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Program ini dinilai menjadi angin segar bagi UMKM di tengah pandemi. 

"Bagi kami program fasilitasi perijinan PIRT ini menjadi berkah serta menguatkan legalitas tersendiri bagi produk unggulan makanan olahan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang yang memukul peningkatan pemasaran di semua sektor usaha mikro, termasuk di dalamnya makanan olahan," Ketua Akrab Syamsudin menjelaskan saat ditemui di Pendopo Sabha Swagata, Jumat, 19 Maret 2021. 

Pengusaha asal Desa Banjar, Kecamatan Licin tersebut menegaskan, izin produk industri rumah tangga menjadi standart kemanan produk aneka olahan pelaku usaha. Apalagi dalam melengkapi persyaratan pemasaran di toko-toko modern dan pengiriman luar kota. "Hari ini teman-teman fokus mengikuti pembinaan berupa penyuluhan kemanan pangan (PKP). Supaya pemahaman mereka meningkat atas standar kesehatan produk olahan," ujar Syamsudin. 

Terakhir, ia berharap, secara keseluruhan pelaku usaha mikro daerah dapat menerima akses kemudahan izin itu. "Bupati hadir dengan program UMKM Naik Kelas. Di tengah pandemi harapan terus ada dengan dukungan aktif pemerintah," pungkasnya. 

Bupati Banyuwangi Ny. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas membeberkan, di seratus masa kerjanya on the track di pemberdayaan pelaku usaha mikro (UMKM Naik Kelas). Mulai dari memberikan bantuan peralatan operasional, pelatihan manajemen, sampai pada proses bantuan legalisasi. 

"Sekarang kita fasilitasi ratusan izin PIRT bagi teman-teman untuk kelengkapan izin produk. Semua difasilitasi sesuai dengan regulasi yang ada tanpa dipungut biaya. Selanjutnya akan ada program pemberdayaan masyarakat lainnya untuk menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru," jelas Ipuk 

Di tengah pagebluk, lanjut dia, pelaku usaha mikro menjadi lokomotif pembawa arah perekonomian daerah lebih baik. Pemerintah selalu hadir memberikan dukungan dan payung legalitas demi tumbuh kembang sektor usaha mikro. 

"Semoga apa yang kita ikhtiarkan selalu mendapatkan rida Allah. Dan pandemi ini segera berakhir," kata Ipuk mengakhiri penjelasannya. 

Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Hj. RR. Nanin Oktaviantie menambahkan, kali ini ada ratusan pelaku usaha mikro dibantu perizinan PIRT. 

"Secara bertahap akan kita usulkan. Sesuai dengan regulasi yang ada. Supaya teman-teman usaha mikro dapat terus berdaya saing di tingkat nasional. Sebab inovasi dan kolaborasi menjadi kunci utama di segala situasi," ungkap Nanin. 

Salah satu penerima manfaat, Siti Istiqomah mengaku sangat penting atas kegiatan penyuluhan di pagi itu. Sebab ada banyak wawasan penting yang harus difahami oleh pelaku usaha sebelum izin diterbitkan. 

"Ini benar, ada banyak di lapangan teman-teman UMKM yang masih belum melengkapi izin PIRT. Maka saya harap Pemkab akan terus berikan secara keseluruhan di waktu yang telah ditentukan," katanya. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )