Kuatkan Minat Wirausaha, Mahasiswa Magistra Utama Berkunjung Di Rumah Kreatif Banyuwangi

  07 Oktober 2019

Banyuwangi – Staf Diklat Magistra Utama Banyuwangi Dewi Alfina bersama puluhan mahasiswa berkunjung di Kantor Rumah Kreatif Banyuwangi, Senin (07/10/2019) siang. Sebuah kunjungan yang dilakukan untuk menguatkan minat mahasiswa di bidang kewirausahaan.

Saat ditemui, Dewi bersama mahasiswanya mengaku untuk belajar langsung perkembangan potensi kewirausahaan di Banyuwangi yang telah berlangsung. Karena paham, tim rumah kreatif merupakan tenaga pelayanan pemerintah yang konsern bidang peningkatan pelaku usaha mikro di bidang pemasaran online, desain kemasan, sampai teknik foto produk.

Dunia usaha sektor riil saat ini, menurut Dewi, penting diketengahkan sebagai terobosan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mahasiswa. “Landasan untuk membuka peluang sektor usaha apapun yang masih terbuka luas, daripada hanya menunggu lowongan pekerjaan di sektor pemerintah maupun swasta yang kian kompetitif,” ujar dia.

Secara konsisten kepada mahasiswa, Magistra membekali ilmu maupun soft skill untuk terjun di dunia pekerjaan. Wawasan kewirausahaan ini merupakan cara utama membuka cakrawala mahasiswa merintis usaha sektor riil.

“Baru saja, kita turun lapang belajar teknis usaha bidang kopi di daerah Gombengsari, Kalipuro, Banyuwangi. Kini di rumah kreatif kita belajar pengembangan desain kemasan produk yang kontemporer dan pemasaran,”ujar Dewi menutup penjelesannya.

Di hadapan puluhan mahasiswa yang hadir, Staf Rumah Kreatif Banyuwangi Fathurrachman membeberkan perkembangan berbagai sektor usaha di Banyuwangi. 

Fathur sapaan karibnya menegaskan, terjun di dunia usaha pada intinya harus miliki komitmen kuat. “Ada banyak usaha mikro yang tengah berkembang di Banyuwangi, karena rerata pelaku usaha memiliki konsistensi kuat dalam membangun usahanya. Di sektor: jajanan, kopi, kaos, dan kerajinan,”kata Fathur.

Dia menginginkan mahasiswa yang hadir turut mengambil kiprah sekecil apapun dari nama baik Banyuwangi yang kian moncer, terutama di sektor pariwisata. “Tentu kemajuan ini penting untuk dimanfaatkan sebagai sektor usaha baru. Karena wisatawan yang berkunjung selalu memberikan multiplier effect,” kata dia. 

Pada kesempatan itu, Fathur juga menerangkan progres perkembangan market place (www.banyuwangi-mall.com) dan pelayanan publik di Kantor Rumah Kreatif Banyuwangi. Rumah Kreatif kepada ratusan pelaku UMKM di Banyuwangi telah memberikan pelayanan desain kemasan dan foto produk dari tim rumah kreatif secara gratis.

“Yang paling penting kepada UMKM kita berikan edukasi, agar mereka semakin meningkat baik bidang produksi usaha maupun pemasarannya,” ungkap Fathur.

Salah satu mahasiswa Achmad Panji Setiawan sepakat bahwa trend pendidikan saat ini juga penting dikuatkan pembekalan merintis usaha baru dengan pemanfaatan potensi daerah yang dimiliki masing-masing. Jamak, lapangan pekerjaan kecil sekali untuk bisa diharapkan.

“Magistra Utama sendiri membekali mahasiswa siap terjun di lapangan pekerjaan. Tapi dengan kita diajak di Rumah Kreatif Banyuwangi secara langsung banyak memberikan penguatan pengalaman dan perspektif baru di sektor usaha yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa,”ungkap Panji yang juga mahasiswa jurusan sekretaris dan perkantoran.

Sekedar diketahui, puluhan mahasiswa yang diboyong siang itu sedang menempuh pendidikan pada jurusan akuntansi dan sekretaris perkantoran. Agenda kunjungan tersebut diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama di depan Kantor Rumah Kreatif Banyuwangi. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )