Kerek Omzet Usaha Mikro Saat Pandemi, Ipuk Resmikan Teman Usaha Rakyat

  23 Maret 2021

Banyuwangi - Agenda pertama Bupati Banyuwangi Ny. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas pada Selasa, 23 Maret 2021 meresmikan program teman usaha rakyat. Pertemuan tersebut berlangsung di aula Rempeg Jogopati, Kantor Bupati Banyuwangi. 

Teman usaha rakyat sendiri diisi oleh anak-anak muda Banyuwangi yang ditugaskan menjadi pendamping pelaku usaha mikro. Selama pendampingan, juragan-juragan akan dibekali penyiapan bussines model canvas, promosi digital, sampai pada fasilitasi akses permodalan dengan bunga kecil oleh teman usaha rakyat. 

"Ikhtiar pemerintah daerah terus dilakukan agar perekonomian lebih baik di tengah pandemi. Dengan pendampingan teman usaha rakyat, pelaku usaha mikro bisa bersaing pemasaran produknya di tingkat nasional," kata Ipuk. 

Selama dua hari, imbuhnya, teman usaha rakyat intens mendapatkan bekal dari para tutor. Sebab mereka (teman usaha rakyat) diterjunkan penuh untuk pembinaan pelaku usaha mikro di semua sektor bisnis. 

"Selain ilmu yang menjadi bekal utama, ketangguhan mental serta integritas juga penting dibutuhkan saat di lapangan. Sebab komposisi masyarakat kompleks. Maka sabar pun menjadi kunci utama," pesan bupati perempuan berkacamata itu. 

Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Hj. RR. Nanin Oktaviantie menambahkan, teman-teman usaha rakyat menjadi eksponen penting dalam menumbuh kembangkan usaha di tengah pandemi. 

Selain melumpuhkan omzet pendapatan sektor usaha mikro, karena pandemi. Sedikit pula, mereka yang memilih untuk merumahkan karyawan dan menutup usaha. 

"Maka semangat teman-teman usaha rakyat hari ini, juga menjadi spirit hidupnya semangat pelaku usaha lebih baik. Karena situasi pagebluk tidak bisa kita selesaikan sendiri, butuh kolaborasi anak-anak muda," ujar Nanin. 

Saat ditemui, salah satu teman usaha rakyat Moh. Zainul Alam mengaku sangat apresiasi atas inisiasi program teman usaha rakyat ini. 

"Saya menyambut baik, program inovasi ini. Tugas yang sangat spesial bagi saya. Bisa berkontribusi langsung dengan memberikan manfaat di tanah kelahiran," terang Zain. 

"Tutornya pun hebat-hebat. Materi selama pelatihan sangat bermanfaat sebelum menjadi pendamping pelaku usaha," sambung Zain menutup keterangannya.

Pagi itu prosesi peresmian ditandai dengan simbolis Bupati Ipuk memakaikan rompi dan topi kepada perwakilan peserta. Hadir dan menyaksikan langsung Kepala Bappeda Kabupaten Banyuwangi Suyanto Waspotondo W; Kabag Perekonomian Setda Banyuwangi Heni Sugiharti; beserta jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )