Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro; Katakan Aplikasi Banyuwangi In Your Hand Permudah Temukan Kuliner Daerah

Banyuwangi - Banyuwangi ingin memanfaatkan teknologi di semua lini termasuk dibidang pariwisata. Banyuwangi In Your Hand merupakan sebuah inovasi untuk memberi kemudahan bagi wisatwan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Ungkapan pembuka yang disampaikan oleh bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas disaat peluncuran aplikasi berbasis android, Banyuwangi in Your Hand, Rabu (22/3) pagi, di Pendapa Sabha Swagatha Kabupaten Banyuwangi.

Anas menerangkan, banyuwangi in Your Hand, adalah aplikasi yang bisa diunduh di sistem android, untuk melihat dan menunjukkan lokasi destinasi wisata di Banyuwangi

"Banyuwangi in Your Hand menggunakan format augmented reality dan virtual reality yang dapat dilihat dalam bentuk konten video, animasi, dan 3D. Aplikasi ini juga terhubung dengan google maps. Sehingga fitur yang ditampilkan menjadi lengkap," terang Anas.

"Apabila menggunakan google masih harus mengetikkan lokasi yang diinginkan. Namun di Banyuwangi In Your Hand, ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS, diarahkan sesuai arah angin, maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya,” sambung Anas.

Anas pun mempraktekkan langsung aplikasi ini melalui smartphone android miliknya. Saat ponsel dihadapkan kearah timur, maka di layar muncul berbagai ikon lokasi destinasi yang ada bagian tersebut seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi dan Taman Blambangan. Ketika salah satu ikon diklik, maka langsung muncul google maps yang menunjukkan arah jalan menuju tempat tersebut dan jaraknya. Klik berikutnya, akan muncul informasi seputar destinasi itu.

"Aplikasi akan sangat memudahkan bagi wisatwan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini," kata Anas.

Saat dimintai keterangan, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono menambahkan, bahwa aplikasi ini akan memudahkan wisatawan untuk menikmati kuliner khas Banyuwangi ataupun berbelanja produk unggulan daerah.

"Banyak sekali masakan-masakan asli daerah, termasuk kuliner pecel pitik. Pasalnya kuliner satu ini akan menjadi subyek festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) 12 April 2017 mendatang," tutur Alief. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )