Kepala Dinas Apresiasi Perkembangan Kopwan Saraswati

Banyuwangi - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 di Koperasi Wanita (Kopwan) Saraswati, Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (5/01) pagi.

Dalam sambutannya Alief sapaan karib - Alief Rachman Kartiono memberikan apresiasi dengan dedikasi para pengurus, pengawas, dan anggota atas kemajuan Koperasi Wanita Saraswati sejauh ini.

"Saya mengapresiasi atas dedikasi yang tinggi. Saya kaget dan sekaligus terkagum dengan pesatnya perkembangan saat membaca laporan keuangan koperasi tahun 2018," urai Alief.

"Betapa tidak, di tahun kemarin nilai Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 200 juta. Nah di tahun ini meningkat 258 juta. Belum lagi total aset, dulu 1,1 milyar. Dan sekarang 1,6 milyar. Karena itu, saya memberikan apresiasi atas signifikansinya perkembangan koperasi terbaik di Kabupaten Banyuwangi ini," jelasnya.

Alief juga berpesan kepada ratusan anggota, pengurus, dan pengawas untuk selalu berpegang teguh pada prinsip dan normatif undang-undang perkoperasian. "Jangan sampai dicampuradukan kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi menjadi satu. Jangan. Harus dipisahkan. Nanti teman-teman Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) akan terus ditugaskan melakukan pendampingan di lapangan," tegasnya.

Sementara itu salah satu anggota koperasi Yuyun Dwi Arini mengaku dirinya bergabung dalam Koperasi Saraswati ini sejak awal berdirinya di tahun 2009.

"Dulu jumlah anggotanya hanya belasan. Sekarang sudah berkembang menjadi ratusan anggota yang tersebar tidak hanya di Kelurahan Singotrunan saja. Ada yang dari Kelurahan Karangrejo, Boyolangu, sampai Gombengsari," terang Yuyun.

Disamping itu, dirinya mengaku banyak kemanfaatan ketika bergabung dalam Kopwan ini. "Saya pernah ikut pelatihan keterampilan kerja beberapa kali. Mulai dari membuat kue sampai kerajinan. Selain itu, seluruh anggotanya di sini diajarkan selalu memegang kejujuran dan kedisiplinan," ujar ibu asal Kampung Melayu ini.

"Kekeluargaan antar anggota di sini juga sangat akrab. Karena pengurus memfasilitasi kegiatan bulanan untuk berkumpul dalam acara anjangsana di rumah masing-masing anggota secara bergantian," sambungnya.

Ia juga berharap seiring dengan kemajuan perkembangan, Kopwan ini memberikan  bantuan kepada anggotanya berupa suntikan modal.

"Misalnya untuk memberikan suntikan modal usaha mikro. Saya menilai itu sangat berguna sekali bagi anggotanya yang diberikan secara cuma-cuma," tutup Yuyun.

Rapat Anggota tahunan ini berjalan dengan lancar. Dan dihadiri langsung Camat Banyuwangi Yusdi Irawan. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )