Kades Kradenan Harapkan Peningkatan SDM Wirausaha

Banyuwangi - Mayoritas masyarakat disini adalah wirausahawan dibidang percetakan, perbengkelan, pertanian, dan usaha tekstil. Cerita Kepala Desa Kradenan Hadi Suharno dalam acara pelatihan bertajuk "Program Penumbuhan Wirausaha Baru" di Pendopo Desa Kradenan, Purwoharjo, Banyuwangi. Kamis (2/2) pagi.

Selaku pemerintah Desa Kradenan, kata beliau, mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan perwujudan pelatihan ini di desa kami.

Karena pelatihan di sini, kedepan tidak lepas bertujuan untuk menumbuhkan Sumber Daya Manusia lebih terdidik di bidang kewirausahaan. "Sementara ini, mereka 25 peserta yang hadir di sini hanya melakukan wirausahanya dengan sederhana sekali," imbuh Hadi

Artinya mereka, lanjut dia, masih belum mengetahui teknik pemasaran dan menjalankan usaha secara modern. Pasalnya di sini mayoritas masih belum mengetahui tentang perkembangan teknologi, paling sederhana terkait dengan internet.

Dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi ini, diharapkan 25 peserta pelatihan kedepan dapat bertambah kemampuan, kualitas produk barang dan jasanya. "Pada akhirnya mereka semua dapat memperbaiki manajemen keuangan perusahaan dan mengetahui informasi bantuan-bantuan dari pihak eksternal guna penumbuhan usahanya," tutup Hadi.

Hal ini senada dengan apa yang diharapkan oleh Kasi Peningkatan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi, Ibu Hj. Faizah Hidayati, SH. Dengan adanya pelatihan ini dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha ke depan lebih meningkat setiap periode. “Karena memang dengan berwirausaha kunci menjadikan pendapatan masyarakat daerah kita semakin berkembang, disamping destinasinya,” tutur Faizah alias Hj. Ely.  Ia memberikan sambutan dihadapan 25 peserta atas nama perwakilan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi.

Dalam pelatihan tersebut,dihadiri oleh pemerintah Desa Kradenan dan perwakilan tim Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi. Turut hadir pula dari Klinik Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi, diantaranya yaitu Trivina Oktivita Sari sebagai narasumber bidang pemasaran, Endang Wangi sebagai narasumber bidang kewirausahaan, dan terakhir Hevy Sudjono sebagai narasumber bidang akuntansi. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )