Ini Langkah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bersama Bank BNI Majukan Market Place Usaha Mikro

Banyuwangi – Ada ribuan usaha mikro yang telah dan akan terus tumbuh di Kabupaten Banyuwangi. Diantara ribuan usaha mikro, hanyalah ada 67 pengusaha mikro yang terdaftar di situs belanja online daerah banyuwangi www.banyuwangi-mall.com.

Hal itu disampaikan oleh kepala bidang usaha koperasi Ida Larasati yang turut hadir dalam acara pelatihan e-commerce bersama blanja.com di kantor rumah kreatif sebagai perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi. Selasa (7/3) pagi.

Maka menjadi sebuah keberuntungan, lanjut dia, khususnya 10 peserta yang hadir di pelatihan pagi ini.

“Karena selama pelatihan seluruh peserta dilatih konsep pemasaran secara online sebagai peningkatan SDM dan penjualan setiap usaha mikro,” tutur Ida.

Gelaran pelatihan ini merupakan kerja sama yang dilakukan oleh Bank BNI dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi. Hadir juga perwakilan dari e-commerce blanja.com sebagai fasilitator, serta Pimpinan Cabang Bank BNI Yudhi Darmawan lengkap dengan perwakilan staf pegawainya.

Saat jumpa pers, Yudhi mengatakan, hakikinya pelatihan ini sebagai langkah nyata untuk mensukseskan serta melaksanakan nawacita prioritas kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Diantara program nawacita itu adalah konsen dalam pengembangan bidang usaha mikro. Untuk itu berawal dari rumah kreatif yang ada di daerah, khususnya Bank BNI yang menjadi pembina, dirasa penting untuk melakukan pelatihan ini,” tutur Yudhi saat dimintai keterangan.

Ditambahkan dengan adanya pelatihan ini, lanjut dia, para peserta akan ada sosialisasi dan input data produk usaha mikro di situs belanja online.

“Karena dalam pelatihan ini yang menjadi narasumber adalah perwakilan dari pengurus e-commerce blanja.com. Merupakan situs belanja online yang dikelola oleh salah satu perusahaan BUMN yakni PT. Telkom Tbk,” imbuh Yudhi.

Yudhi juga menegaskan bahwa hadirnya blanja.com bukan bermaksud untuk menjadi rivalitas dengan situs belanja daerah banyuwangi-mall.

“Karena situs banyuwangi-mall adalah e-commerce daerah kebanggaan kami yang terus akan mendapatkan perhatian dan dukungan,” tegas Yudhi.

Pasalnya sebagai wujud kepedulian dan perhatian, dalam waktu dekat Bank BNI akan memberikan beberapa pelatihan sebagai tindak lanjut. 

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan SDM pemangku kepantingan rumah kreatif dan para pengusaha mikro yang telah bergabung di situs belanja online banyuwangi-mall. Karena hari pertama sudah kita latih para petugas rumah kreatif bersama e-commerce blanja.com sebelum para pengusaha mikro” kata Yudhi.

Selain itu, di kesempatan yang sama punggawa Bank BNI Cabang Banyuwangi juga menyampaikan beberapa harapan dari adanya pelatihan ini untuk para peserta.

“Tentu harapan kami disini, seluruh peserta dapat memaksimalkan semaksimal mungkin dari pelatihan ini. Karena ini sebagai terobosan peningkatan promosi penjualan usaha yang mereka lakukan. Tentunya juga  peningkatan profitabilitas perusahaan setiap periode dengan signifikan,” tutup Yudhi.

Usai pelatihan, salah-satu dari peserta menyatakan kepuasaan dengan adanya kerjasama dengan pelatihan ini. “Pelatihan ini bermanfaat sekali. Karena dengan tambahan e-commerce baru ini, nantinya akan mampu meningkatkan penjualan dan laba perusahaan saya setiap periode,” kata Agam Dwi Fahrezi pemilik perusahaan ongko craft. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )