Hasil Sosialisasi dan Kerja Sama BPJS Cabang Banyuwangi Dengan Dinas Koperasi dan Usaha MIkro

Banyuwangi - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi menjalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banyuwangi di Aula kantor dinas. Jumat (17/3) pagi.

Selain kedatangan tim BPJS untuk memberikan kartu yang terupdate, ditambah agenda sosialisasi terkait kinerja dan manfaat pelayanan bagi calon atau pengguna pelayanan BPJS. "Banyak sekali manfaat ketika kita telah terdaftar sebagai anggota penyelenggara jaminan sosial ini. Diantaranya jaminan akses kesehatan yang lebih mudah," tutur kepala unit manajemen kepesertaan  BPJS kesehatan cabang Banyuwangi Harman Caesa dihadapan puluhan pegawai dinas.

Disamping hal itu menjelaskan terkait manfaat jasa-jasa dari badan pelayanan terbaru jaminan sosial kesehatan.
"Sekarang untuk pengguna yang sudah PNS bisa terdaftar sampai batasan anak yang ketiga. Selebihnya setiap PNS yang memiliki anak lebih dari tiga dapat didaftarkan secara mandiri. Karena sebelumnya kita memfasilitasi sampai anak yang kedua, sekarang sudah berlaku sampai tiga anak," jelas Harman.

Bukan hanya pengguna yang telah PNS. Herman juga menjelaskan bagi calon pengguna yang Non PNS.
"Sedang bagi yang NON PNS bisa didaftarkan secara mandiri atau kolektif. Dengan rincian premi  kelas 1 yang harus dibayarkan setiap bulan Rp 81.000,- sedangkan kelas 2 sebesar Rp 51.000,- itu biaya premi per bulan dan per jiwa. Jangan sampai panjenengan semua daftar di kelas 3, karena itu khusus bagi warga yang dipandang kurang mampu," terang Harman.

Dan yang terakhir, lanjut Harman, ketika akan mendaftar harus membawa beberapa berkas yang akan menjadi persyaratan. "Calon pengguna diharuskan membawa foto copy kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan foto sebagai identitas. Jika kolektif calon pengguna cukup memberikan berkas-berkas tersebut di koordinator yang dirunjuk. Sedangkan jalur mandiri bisa datang langsung ke kantor cabang," tutup Harman.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono menegaskan kepada semua staf baik yang telah PNS maupun Non PNS untuk menggunakan kesempatan jaminan sosial ini secara keseluruhan.

"Ini langkah nyata sebagai antisipasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan utamanya dibidang kesehatan," tutur Alief.

Karena kesehatan, lanjut Alief, merupakan kunci utama bagi setiap jiwa. "Dengan BPJS berbagai kesehatan keluarga dapat terjamin aman dan nyaman," tutup Alief. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )