Dirut LPDB - KUMKM: Harapkan Pelaku Koperasi dan UMKM Banyuwangi Lebih Berkembang

Banyuwangi - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) melaksanakan kegiatan sosialisasi program inklusif LPDB-KUMKM di Hotel El Royale, Banyuwangi, Minggu (27/01)

Dalam sambutannya, Direktur Utama (Dirut) LPDB - KUMKM Braman Setyo menjelaskan, pengelolaan dana bergulir merupakan tugas utama. "Kami bertugas pokok dalam melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pinjaman / pembiayaan KUMKM sesuai dengan aturan perundang-undangan," urai Braman.

Diharapkan, lanjutnya, koperasi dan UMKM dapat lebih berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional serta mengurangi angka pengangguran dan mensejahterakan rakyat.

"Total penyaluran dana bergulir LPDB - KUMKM di Provinsi Jawa Timur adalah sebesar Rp 1,419 triliun yang disalurkan sejak tahun 2008 hingga saat ini. Sedang di Banyuwangi sendiri mencapai total Rp 26,88 miliar," katanya.

"Kami berharap melalui bimbingan teknis dapat membantu para pelaku usaha koperasi dan UMKM mengakses dana bergulir ini. Sekaligus, menjadikan perhatian bagi dinas terkait untuk mendukung para pelaku usaha potensial yang ada di wilayah binaannya. Terutama Banyuwangi yang sedang naik daun seperti saat ini," tutup Braman.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menilai dengan adanya langkah ini menjadi solusi di tengah-tengah keterbatasan anggaran di beberapa daerah.

"Saya harap dari kegiatan ini para pelaku usaha sektor perkoperasian dan UMKM Banyuwangi mampu memanfaatkan peluang ini. Sehingga mereka semua peka terhadap beberapa alternatif lain untuk memajukan usaha masing-masing," harap Anas.

Acara yang dilaksanakan pemberian pinjaman dan pembiayaan kepada KUD, KSP, dan per-orangan ini, dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Pimpinan Jamkrindo Cabang Banyuwangi, Direktur Utama Bank Jatim, Direktur Utama Jamkrida Jatim, jajaran Direksi LPDB - KUMKM, Deputi Kelembagaan Koperasi dan UKM beserta jajarannya, Mentri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, dan ratusan para undangan yang terdiri dari pelaku koperasi dan UMKM delegasi dari Banyuwangi, Situbondo, Jember, dan Probolinggo.

Agenda lain kunjungan kerja Mentri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga adalah meninjau beberapa pelaku UMKM dan koperasi di Banyuwangi. Seperti pelaku UMKM lampu hias di Palurejo, Sumbersewu, Muncar, Banyuwangi sekaligus memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pun meninjau aktifitas KUD Tri Jaya, Sraten, Cluring, Banyuwangi. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )