Deputi Bidang Pengembangan SDM : Tegaskan Kaum Milenials untuk Menjadi Pengusaha

Banyuwangi - Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Rulli Nuryanto membuka pelaksanaan kegiatan pemasyarakatan kewirausahaan di Hotel Santika, Minggu (27/01) pagi.

Dalam sambutannya, Rulli menegaskan kepada para peserta yang didominasi oleh kalangan milenials ini untuk bergerak di sektor kewirausahaan. "Ke depan kalian semua yang hadir di sini harus menjadi pengusaha semua," tegas Rulli.

Ia menilai saat jaman yang penuh tidak kepastian seperti ini harus mulai berani memiliki kesadaran untuk berwirausaha.

"Pasalnya, banyak lapangan pekerjaan yang tiba-tiba hilang (terdisrupsi). Semua sudah tergantikan oleh robotik dan kecanggihan teknologi. Kalian lihat sejak adanya m-banking, pegawai yang berada di posisi teller dan customer servis sudah hilang. Begitu pula pasar-pasar konvensional sudah tergantikan e-commerce baru yang menjamur," jelasnya.

Karena itu, saatnya mulai sekarang untuk bergerak di sektor kewirausahaan di bidang apapun. Di tengah-tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan. "Kalian harus bisa ciptakan lapangan pekerjaan, itu harus," pesan Rulli.

Resepnya selepas memilih usaha dan berhasil didirikan ada beberapa hal yang harus dimaksimalkan, lanjutnya.

"Pertama adalah berpartnerlah dengan orang-orang yang hebat. Begitu juga manfaatkan media sosial yang kalian miliki masing-masing secara maksimal, jangan hanya dibuat main-main," pesannya.

Selain itu, Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Budi Mustopo menjelaskan capaian rangkaian acara ini memiliki tiga unsur.

"Yang pertama adalah menambah wawasan berkaitan dengan kewirausahaan kepada para generasi milenials. Kedua penumbuhan motivasi generasi milenials untuk berani mengambil langkah sebagai pengusaha kepada para pemuda. Terakhir, mampu memunculkan ide-ide kreatif untuk berwirausaha," jelas Budi.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono beserta jajarannya. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )