Bersama Wakil Ketua Dprd Banyuwangi, Kepala Dinas Koperasi Pantau Pilkades Kalibaruwetan

  09 Oktober 2019

Banyuwangi - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dilaksanakan Kabupaten Banyuwangi pada Rabu (09/10/2019). Tercatat, 130 desa menggelar pelaksanaan kegiatan lima tahunan itu.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Alief Rachman Kartiono beserta Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto turut memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru.

Saat ditemui, Ketua panitia pemilihan kepala desa Kalibaruwetan Achmad Hartanto, membeberkan tahun ini rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 9.984 yang tersebar di 12 tempat pemungutan suara (TPS). "Di sini ada empat dusun. Diantaranya: Wonorejo, Sumberbaru, Krajan, dan Tegalpakis," kata Hartanto.

Untuk calonnya sendiri, kata dia, sebanyak lima kandidat. Pertama Sumaryo, kedua Mohammad Taufan, ketiga M Dony Iskandar, keempat Mohamad Taufik, dan Sugeng Wahono. "Mereka semua adalah kader terbaik masyarakat desa, yang siap mengabdi untuk menguraikan permasalahan-permasalahan rakyat," kata dia.

Saat ditanya kendala dalam pelaksanaan, Hartanto mengaku hanya pada permasalahan komunikasi dan sinergitas kekompakan tim. Karena tim terkomposisi secara acak yang telah dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dari padatnya agenda pertemuan dan acara sebelum pelaksanaan, masalah komunikasi antar anggota panitia pelaksana terselesaikan. Sehingga, mampu berkolaborasi dengan hubungan baik antar anggota dengan beberapa tugas penting, yakni pengawasan di lapangan dan proses administrasi. "Pagi ini kita menjadi super team yang hebat tanpa mengganggu pelayanan publik desa yang tetap berlangsung," tegas Hartanto menutup penjelasannya.

Salah satu pemilih Mariyono mengaku, sejak 1986 hingga tahun ini selalu berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

"Saya nyoblos tadi pagi pukul 08.00 WIB. Karena bagi saya, Golput bukan solusi," kata Mariyono. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Alief Rachman Kartiono menjelaskan pemantauan itu dilakukan untuk menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan aman."Kita sudah mendapatkan tugas masing-masing. Setiap kecamatan sudah ada petugas masing-masing. Hari ini saya mendapatkan tugas di Kecamatan Kalibaru," kata dia.  

Alief pun mengharapkan nantinya kepala desa yang akan terpilih mampu bersinergi antar stakeholder untuk membangun desa menjadi lebih baik.

Ditambahkan dia, pola penumbuhan dan manajamen pendampingan kepada para pelaku usaha mikro di desa dapat diperhatikan dengan baik oleh program pemerintah desa akan datang. 

"Ada banyak hal yang dapat dikerjakan oleh Pemdes dalam mengurai permasalahan penting di masyarakat. Tantangannya harus mampu memetakan permasalahan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya. Harus ada titik fokus program di tengah keterbatasan untukmenjadikan desa lebih baik. Karena ada banyak desa yang berkembang menjadi lebih baik di tengah keterbatasan," tutur Alief.

"Semoga pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar di masing-masing desa. Dan semoga kepala desa terpilih menjadi pemimpin yang amanah," harap Alief menutup penjelasannya.

Hari itu Alief juga melaksanakan pemantauan di tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Kalibarumanis, Desa Kajarharjo, Desa Kebonrejo, dan Desa Kalibaruwetan. Selain Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Juga turut hadir Camat, Kapolsek, dan Danramil Kecamatan Kalibaru.  (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )