Bekali Pengurus Untuk Menjamin Pertumbuhan Koperasi Banyuwangi Lebih Berkualitas

  07 Oktober 2020

Banyuwangi - Sebagai langkah untuk menjamin pertumbuhan koperasi di Banyuwangi lebih berkualitas, Pemkab melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM (PK2UKM) dengan pelatihan pengelolaan keuangan koperasi di Hotel El-Royale, Banyuwangi, selama empat hari, 5-8 Oktober 2020. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari peningkatan kualitas kelembagaan dan usaha koperasi.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Pedagangan Hj. RR. Nanin Oktaviantie menjelaskan, dalam menajemen pengelolaan koperasi masih banyak ditemukan permasalahan dan risiko keuangan lain yang dihadapi koperasi. Sementara pengurus merupakan unsur penting saat memegang peranan pola manajemen koperasi yang berkualitas.

"Sehingga pelaksanaan kegiatan ini penting diikuti oleh pengurus. Untuk tercapainya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan koperasi," tegas Nanin saat dimintai keterangan, Rabu, 07 Oktober 2020.

Nanin pun menyampaikan sejumlah gerakan koperasi yang harus dilaksanakan oleh pengurus sejak hari ini. Diantaranya: penguatan kelembagaan koperasi, peningkatan SDM, optimalisasi skala usaha koperasi, kepatuhan terhadap segala konstitusi yang berlaku, dan bekerjasama dengan berbagai pihak.

"Dan tak kalah pentingnya para pelaku perkoperasian harus meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi informasi terbarukan. Hal ini tentu sangat penting supaya koperasi terus berdaya saing di setiap tantangan," kata Nanin menutup penjelasannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi Ida Larasati menyebutkan, selama empat hari seluruh peserta diberikan sejumlah materi dan edukasi penting dalam pengelolaan manajemen koperasi. Dengan pemateri yang berkompeten pada bidang masing-masing.

"Dari materi fungsi perencanaan usaha simpan pinjam, analisis laporan keuangan, penyelesaian pinjaman bermasalah, mengelola keseimbangan dana, hingga pada evaluasi post tes," ujar Ida - sapaan karibnya.

Ida mengajak seluruh pengurus koperasi di Banyuwangi agar terus bekerja keras dan cerdas.Bersama mewujudkan koperasi sehat, maju, mandiri, dan berdaya saing hari ini dan akan datang.

"Semoga langkah program ini menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi kemajuan koperasi," harap Ida menutup keterangannya.

Salah satu peserta, Edy Hariyanto yang juga sebagai pengurus KSP Pandu Dana Mekar Usaha menilai kegiatan peningkatan SDM itu sangat bermanfaat sekali.

"Sehingga perlu secara khusus, kami ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara yakni pemerintah. Tentu ini menjadi bekal yang siginifikan dalam kita bergerak untuk sekarang dan selamanya dalam meningkatkan pola manajemen koperasi, khususnya di KSP Pandu, Kecamatan Rogojampi," kata Edy. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )