April Mendatang Pecel Pitik Hiasi Festival Banyuwangi Kuliner (Bakul)

Banyuwangi - Kuliner Pecel Pitik menjadi primadona di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hampir sebagian besar wisatawan yang berlibur ke Kabupaten Banyuwangi berharap bisa menikmati kelezatan pecel pitik.

Konon masakan yang hanya bisa ditemukan saat ada kegiatan ritual saja, pada tanggal 12 April 2017 mendatang akan menjadi tema pada Festival Kuliner tahun ini.

Gelaran ini rencananya akan menghadirkan Master Chef Junior Rorimpandey  atau lebih dikenal dengan panggilan Chef Juna. Seorang koki selebriti yang menjadi terkenal setelah menjadi juri di acara memasak Master Chef. Ia saat ini juga menjadi juri di acara Hell's Kitchen Indonesia

Adapun cara memasak pecel pitik sangatlah mudah. Ayam kampung yang telah disembilih dan  dibersihkan bulu-bulunya kemudian daging ayam di campur dengan campuran bumbu yang telah dihaluskan. Sebelum proses "pengungkepan" perlu disiapkan bumbunya yang terdiri dari garam, kemiri yang digoreng, parutan kelapa yang tidak terlalu tua, air kelapa dan cabai merah dan cabai kecil secukupnya.

Selepas itu daging ayam tersebut diungkep, hal ini diperlukan supaya bumbu-bumbu menyatu menjadi satu kesatuan dengan daging.Barulah usai diungkep, dilanjutkan dengan proses pembakaran daging ayam hingga matang.

Untuk meraciknya , daging ayam yang sudah dibakar, lantas diiris kecil-kecil dan diaduk atau dicampur dengan parutan kelapa.

Setelah tercampur, baru kemudian bumbu yang sudah dihaluskan di masukkan. Diaduk hingga merata. Untuk menyedapkan aroma, ditambah dengan perasan jeruk limau.

Dengan olahan daging ayam yang  dikombinasikan dengan bumbu akan menjadikan kuliner pecel pitik ini memiliki aroma dan rasa yang spesial.

Sudah tentu kuliner ini disajikan dengan sepiring nasi, sebelum di hidangkan tak lupa kuliner ini akan dibacakan doa sebagai tradisi daerah Banyuwangi.

Ayo datang ke Banyuwangi untuk menyaksikan Festival Kuliner pada tanggal 12 April 2017 mendatang sambil menikmati Pecel Pitik kuliner khas Banyuwangi. (M. Sholeh Kurniawan)

Find Us ( Diskop Usaha Mikro )
Find Us ( Banyuwangi_Mall )